Perjalanan Kuliah Saya Di Semester Pertama


Perjalanan Kuliah Saya Di Semester Pertama








Perjalanan Kuliah Saya Di Semester Pertama | Tidak terasa waktu itu berjalan,sekarang akan memasuki semester kedua.Padahal masih baru sekali rasanya merasakan Ospek dan berkenal-kenalan dengan teman baru.Saat ini aku menempuh salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Padang,yaitu Akademi Teknologi Industri Padang dan berfokus pada jurusan Manajemen Industri.Dari kecil saya memang sangat menginginkan bisa bekerja di salah satu perusahaan milik negara (BUMN) baik didalam Sumatera Barat maupun diluar Sumatera Barat.

Perjalanan Kuliah Saya Di Semester Pertama

KULIAH ITU BEBAS !! yaa..Dalam arti kata,tidak sama dengan masa saat SMA dulu yang keseluruhannya serba diatur.Tapi kuliah juga bukan bersantai-santai saja.Malah justru lebih padat dan besar tanggung jawabnya.Dunia kuliah menuntut agar lebih gesit lagi untuk memanejemeni waktu,antara urusan ego diri sendiri,keluarga,pekerjaan bagi yang sudah bekerja,dan perkuliahan itu sendiri.

Didalam kelas,bahkan ada beberapa dosen yang memperbolehkan mahasiswanya keluar-masuk jika sudah tidak bisa mengikuti dan menikmati studi yang sedang dipaparkannya.Semua itu bertujuan untuk mengajarkan bagaimana cara mengatur cara belajarnya sendiri.

1. Masa-masa OSPEK

Masa inilah yang menjadi pembuka atau pertama yang saya alami diawal perjalanan perkuliahan saya,dimana masa ini adalah masa yang asyik,bercengkrama dengan bebas kepada siapapun,berkenalan dengan kakak senior maupun dengan teman baru.Bahkan di kampus saya,setiap mahasiswa dan mahasiswi-nya masing-masing diberi "Nama suci" yang diturunkan dari kakak senior maupun dosen,dimana nama-nama tersebut akan menjadi nama panggilan kita saat di lingkungan kampus.
Sedangkan nama suci yang saya dapat adalah "Partok (Pareman Takalok)" itu adalah bahasa minang,sedangkan dalam bahasa indonesia-nya adalah "Preman Tertidur".Mungkin sangar-nya pas waktu orang lagi tidur doang. Hehehe..

2. Untuk pertama kali jadi Anak Kos-kosan.

Awal-awalnya memang asyik,tapi setelah selang sebulan,semuanya berubah.Rasa menyesal atas keborosan uang dan waktu pun mulai terasa.Dari situ saya mulai berfikir kalau ternyata jadi anak kos-kosan itu tidak mudah..hehe..

Lebih asyik lagi,baca seputar anak kos-kosan klik DISINI.

3. Alami perubahan dalam proses pembelajaran.

Baru sadar ternyata proses pembelajaran di SMA dengan Kuliah sangat berbeda jauh.Di SMA yang biasanya selalu santai,dan pas ulangan atau ujian biasanya hanya menyontek pada teman yang pintar,kalau tidak dikasih jawaban langsung digertak. :D.Kalo kuliah,kita dituntut untuk belajar mandiri juga,mau belajar atau tidak itu terserah kita,tapi yang jelas tunggu saja bagaimana hasilnya waktu pembagian nilai di akhir semester.

4. Mulai Rindu Orangtua dan semua Teman di kampung.

Ini selalu saya alami karena saking vakum-nya bersarang di kos-kosan.Selalu ingat pada orangtua dan segala macam kegiatan di kampung bersama teman-teman.Biasanya kalau dikampung,bangun pagi bantu orangtua,siangnya ngumpul sama teman-teman,sore-nya main bola,dan malam harinya nongkrong sambil main gitar di warung ditemani secangkir kopi dan cemilan dengan teman-teman.Kalo di kos-kosan ?? Gila !! kerjaan cuman nonton TV,makan,nyuci,lanjut tidur (lagi).

5. Ujian Semester pertama.

Proses ujian memang tidak jauh berbeda dengan masa SMA.Bahkan semuanya hampir sama.Tapi yang menjadi masalah saya pasca ujian ini hanyalah soal hasilnya nanti.Karena saya akui,program studi Manajemen Industri di kampus saya ini memang tergolong susah pada mata kuliahnya.Tapi mau bagaimanapun jurusan ini adalah jurusan favorit saya.

6. Tidak Pernah Berhenti Bersyukur untuk pada Allah SWT.

Saya sangat bersyukur sekali karena masih diberi waktu untuk menempuh jenjang pendidikan formal yang satu ini.Karena saya tau,sangat banyak sekali teman-teman kita yang tidak sempat menikmati masa-masa indah ini dikarenakan masalah biaya.

Perjalanan Kuliah Saya Di Semester Pertama

Segala keluh-kesah yang saya tuliskan diatas sebenarnya hanyalah setetes curahan hati yang saya goreskan lewat tulisan ini,karea masih banyak sekali yang ingin saya ceritakan.
Tapi mau bagaimanapun ini semua selalu saya anggap sebagai motivasi bagi saya.Seperti apapun itu akan saya tempuh.Karena ini semua tidak lain hanya demi kebaikan dan masa depan saya kelak.

Perjalanan Kuliah Saya Di Semester Pertama
Siapa yang tidak menginginkan ini ?





56 comments:

  1. wahhh keren ni kang pengalamannya kalo saya sih walaupun kuliah tapi gak kangen ortu soalnya gak ngekost wakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... udah pastinya dong mas kalo kek gitu..

      Delete
    2. selamat jadi mahasiswa berjuanglah sampai titik darah yang terakhir agar cepet jadi sarjananya.

      Delete
    3. naah..! liat tuh apa yg dibilang Kaka Lembu.. mesti berjuang, karna Partok ituh penerus dari cita2 bangsa..#Plak hehehe..maap..maksudnya wicky..!

      Delete
    4. terima kasih atas motivasinya mas Cilembu..

      Delete
  2. Du duh jadi pengen kuliah lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti Kang As waktu kuliah dulu.. termasuk mahasiswa populer tuh Partok #Plak..!

      Delete
    2. wkwkwk.. populer karna kartok nya saya mas..

      Delete
  3. Artikel ya mantaf
    (y)

    Vist Me
    fukiisub.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Rajin-rajin belajar ya Adik (seperti ibu-ibu memberi nasihat...hehe)..
    All the best & moga suksess selalu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasehat yang Bagus tuh Wick dari Kak Fidah.. biyar citacitata terkabul..!

      Delete
    2. namanya juga calon ibu mas..hehe

      Delete
  5. jalan menuju mas depan sukses...smoga lancar perjalan kuliahnya gan..semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy tambahkan lagi biyar semangat..!

      cari cewe jg Partok..!, tp yg pintar.. yaa biyar ada tempat nyontek,..#Plak..!

      Delete
    2. kalo itumah udah bawaan dari SMP mas wkwkwk

      Delete
  6. http://www.atheano-gv.blogspot.com/
    visback kawan

    ReplyDelete
  7. Semoga perjuangan di masa kuliah nya dapat menuju kesuksesan dimasa depan Mas.
    Ami............n

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiinn,.. Terima kasih mas Arie..

      Delete
    2. Sama sama Mas, walaupun saya tidak sempat sampai kuliah, namun saya ikut senang mas jika ada teman yang bisa sukses, kan saya bisa ikutan ndompleng ilmu nya :D

      Delete
    3. hehehe..makasih mas,, kirain cuman ortu saya doang yang ngedukung saya success...hehehe

      Delete
  8. smoga sukses mas, dan bisa mengganti uang kuliah dengan cepat stlah bkerja..

    ReplyDelete
  9. sayang ane belom pernah merasakan kuliah.hehehe

    ReplyDelete
  10. semangat gan kuliahnya . . saya malah jd kangen jaman2 semester 1 nih :D

    ReplyDelete
  11. jadi ingat masa-masa OSPEK dulu,,,,,,ayoo siapa yang mau di ospek hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ospek kan lebarannya alumni ya mas...kalau sudah ospek banyak alumni yang datang dan pada reunian deh...

      Delete
    2. itu juga mungkin mas...
      tapi yang saya rasain kemarin kayak romusha tapi asyik gitu mas..heheeh

      Delete
  12. mas wicky lanjutkan kuliahnya ya smpai tuntas, jangan jadikan pengorbanan kamu dan keluargamu hampa, dan ga boleh pacaran kalau ganggu kuliah haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pacaran kalau dapat menambah semangat sih nggak masalah
      kan sudah 17 taun

      Delete
    2. makasih mbak Santika..

      betul juga mas yan,bisa titip absen juga...kakakakakak

      Delete
  13. biasanya kalau kuliah jauh di rantau orang kebanyakan kalau sudah tiga bulan mulai kangen sama orang tua, sama masakan ortu, kangen sama kawan di kampung, dan kangen pacar juga kan? hayooo...ngaku..benar kan? heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. kalw yg ituh sih.. mungkin kangennya.. lebih dari ortu tuh..

      tp klw menurut sy Si wicky inih orgnya nda terlalu kepikiran ke situh dulu..
      kalw sdh sukses.. maka.. otomatis cewe2 pada ngelirik tuh Mbah..!

      Delete
    2. nanti saya lamar artis ato presenter ya ?????

      Delete
  14. penuh dengan liku2 yamas.begitulah sekarang mas wiki dapat lebih belajar arti hidup yang sebenernya,belajar mengatur keuangan,belajar dengan suasana baru dan masih banyak lagi.
    tetep semangat mas.kamu bisa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aldino juga bisa Mas Yanto..! :)

      Delete
    2. terima kasih mas yan atas motivasinya.
      nanti saya bikinin kopi gratis deh..

      Delete
  15. sukses terus buat kuliahnya mas, jadi anak kos harus hemat atau nyari sampingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pastinya harus tetap ingat yg di atas ya Mas Bur..!,
      yaa pandai2 atur mie instant..juga lah Partok #Plak..wadduh salah lagi nih,..:)

      Delete
  16. wih ada juga sedih dan tak enaknya ya jadi anak kos. Kirain senang saja adanya. Semoga tercapai apa yang di cita citakan tuk jadi bagian dari BUMN dan ber kontribusi untuk kemajuan negri ini

    ReplyDelete
  17. amiiiiin mas.. terima kasih do`a nya mas..

    ReplyDelete
  18. nyimak aja untuk ambil pertamx hahaha eh pertamax udah habis yah semoga sukses kuliahnya kang

    ReplyDelete
  19. semoga sukses kuliahnya gan ..

    ReplyDelete