Mengapa Mereka menjadi Peretas (Hackers) ?

Mengapa Mereka menjadi Peretas ? | bagaimana sejarahnya ? | Apa tujuannya ? | dan apa saja jenis dan macamnya ? | 
Peretas (inggris : Hackers) adalah orang yang mempelajari,menganalisis,memodifikasi,menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau karena dimotivasi oleh tantangan. (sumber : Wikipedia.org.)

Sejarah Singkat.

Terminologi peretas muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT).Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer Mainframe.Kata bahasa inggris "Hacker" sendiri awalnya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang jauh lebih baik daripada program yang telah dirancang bersama.

Kemudian pada tahun 1983,istilah hacker berubah menjadi negatif,pasalnya pada tahun tersebut FBI untuk pertama kalinya menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee,AS.414 adalah kode area lokal mereka.Kelompok yang disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer.Dari komputer milik pusat Kanker Memorian Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.Satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena Testimonialnya,sedangkan 5 orang lainnya mendapatkan hukuman percobaan.


Mengapa Mereka menjadi Peretas ?
Kevin Mitnick, Hacker Pertama Di Dunia.

Apa saja Macam-macam Jenis Hacker ?

1. White Hat Hacker (Ethical Hackers)

Orang yang menerobos sebuah sistem atau jaringan informasi komputer dan melawan serangan terhadap komputer secara etis.Mereka juga bisa digambarkan sebagai orang yang menerobos jaringan untuk menolong si-pemilik jaringan tersebut dan memberitahukan kelemahan dalam pengamanannya.

2. Black Hat Hackers (Darkside Hackers)

Hacker yang orientasinya hanya mengambil keuntungan sendiri,bersifat perusak dan kriminal.Secara umum dikenal sebagai orang yang piawai dalam hal programmer dan jaringan,tapi menggunakannya untuk semakin memperburuk dalam sebuah sistem (sering dikenal sebagai pembobol sistem).

3. Red Hat Hackers

Secara sederhana,memiliki spesifikasi sebagai berikut :
  • Hat (Fire)
  • Intuition
  • Opinion
  • Emotion (Subjective)

4. Yellow Hat Hackers

Secara sederhana,memiliki spesifikasi sebagai berikut :
  • Hat (Sun)
  • Praise
  • Positive Aspect (Subjective)

5. Green Hat Hackers

Secara sederhana,memiliki spesifikasi sebagai berikut :
  • Hat (Plant)
  • Alternatives
  • New Approaches
  • Everything Goes (Speculatif)

6. Blue Hat Hackers

Secara sederhana,memiliki spesifikasi sebagai berikut :
  • Hat (Sky)
  • Big Picture
  • Conductor Hat
  • Thinking about thinking
  • Overall Process (Overview)
  • Menunjuk kepada perusahaan konsultasi komputer security yang digunakan untuk menjalankan bug test sebelum sistem dijalankan.

7. Gray Hat Hackers

Golonhan hackers yang memiliki dua wajah sekaligus.Kadang bertindak baik,dan kadang juga bertindak buruk.Hackers jenis ini biasanya melakukan hack untuk kepentingan sendiri,tapi tidak memiliki tujuan merusakMereka masuk ke sebuah sistem komputer hanya untuk menunggalkan jejak,bukan untuk merusak.


Apa tujuan mereka menjadi Hacker ?

Tujuan seorang menjadi haker itu dibagi dua,yaitu untuk kebaikan dan untuk krjahatan.kalau mau menjadi hacker,silahkan.Asalkan tetap berpegang teguh pada kebaikan.

1. Sebagai aksi balas dendam.

Terdengar mengerikan bukan ? ketika seseoran merasa sakit hati,kemungkinan besar dia akan balas dendam pada orang yang menyakitinya.Dia akan melakukan cara apapun supaya dendamnya terbayar.Misalnya saja yang terjadi pada negara Israel.Saat Israel menyarang Palestina,para Hacker Anonymous melancarkan serangannya ke website Israel yang ber-domain .il dan .gov.il.Dan akhirnya banya website negara tersebut lumpuh total akibat serangan hacker tersebut.

2. Sedang membutuhkan Uang.

Hacker yang suka mencuri identitas kartu kredit orang lain biasa disebut Carder,dan kegiatan yang mereka lakukan itu disebut Carding.Butuh uang adalah salah satu alasan mereka menjadi hacker.Mungkin saja ada suatu barabg yang ingin mereka beli.Tidak penting kartu kredit siapa,yang penting isinya banyak.Dan mereka mengambilnya untuk membeli barang yang mereka butuhkan tersebut.

3. Ingin terkenal dan dikenal.

Biasanya Hacker yang setingkat "Dewa" hanya merendah dan berbagi ilmu.Tidak seperti hacker-hacker yang Newbie,apalagi seorang hacker yang menampakkan dirinya secara terang-terangan kalau dia adalah seorang hacker.

4. Melindungi Diri dari Hacker lain.

Pernahkah salah satu akun media sosial anda di Hack ? Jika anda adalah orang yang biasa,anda pasti akan berinisiatif untuk menjadi hacker juga demi menjaga data pribadi anda.Dan bisa juga untuk mengambil kembali data anda yang telah dicuri oleh hacker tersebut.

5. Memperbanyak Wawasan.

Jika anda berniat menjadi seorang hacker,lebih baik anda mengambil poin yang ini sebagai motivasinya.
Tetapi dikarenakan kata "hacker" adalah nama yang negatif,lebih baik mencari alternatif lain untuk menambah wawasan kita.

Itulah sedikit ulasan yang bisa saya paparkan kepada pembaca blog saya yang budiman.Kurang-lebihnya saya mohom maaf dan terima kasih.

Baca Juga >> Pengalaman Pribadi Saya sebagai Anak Kos-kosan
                >> Wisata di Sumatera Barat yang Mendunia
                >> Seberapa Pentingkah Membalas Komentar di Blog Kita ??


47 comments:

  1. hacker banyak alirannya ya gan.. tapi sangat dibutuhkan

    kalau di dunia kerja seorang hacker bisa masuk ke bagian computer security engineer atau network security engineer, yang jelas yang ada embel-embel security

    salah satu kerjaannya, mereka dibayar untuk melakukan penetration testing (pentest) terhadap sistem yang ada di perusahaan, yang nantinya akan dianalisis dan ditutup celah kerentanannya, bukan merusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya intinya mereka masuk dengan menggunakan shortcut atau penetrasi singkat untuk mengetahui kelemahannya.

      Delete
    2. gak begitu juga mbah, hacker itu jenius (hacker lo ya, bukan defacer lamer)
      sekali masuk sistem mereka langsung tau logika untuk menjebol sistem tersebut yang buat orang IT biasa itu gak masuk akal

      Delete
    3. berarti kalo menjadi pentest itu,kita menjual jasa ilmu komputer kita kepada perusahaan ya mas...

      Delete
    4. pentest itu apa ya mas, maklum newbie :)

      Delete
  2. kalo menurut saya semua berawal dari coba2 dan akhirnya jadi hobi meretas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. lalu merusak.. (biasanya).

      Delete
    2. kalo saya sih biasanya meretas, meretas kertas soal MTK hehe

      Delete
  3. baru tau jenis hacker semua warna hampir ada hahahahah

    ReplyDelete
  4. dulunya kata hacker digunakan untuk membobol salah satu sistem jaringan dan memberitahukan kelemahan dari sistem tersebut. namun akhrinya trik ini disalah gunakan oleh orang untuk berbuat kejahatan. dalam dunia hacker ada carder yang sering mencuri kartu kredit atau akun yang ada duitnya untuk keperluan sesuatu, ada cracker yang membuat code tertentu dari file yang diunduh secara gratis, ada hacker yang membobol suatu jaringan....namun semua bukan berarti atau berkonotasi dengan kejahatan, namun orang-orang tertentu saja yang membuat jadi jahat. iya gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetapi secara garis besar ttp jahat

      Delete
    2. betul banget mbah,,sebagian hacker kan masih punya etiket dan kebaikannya..

      Delete
    3. kalo dari segi namanya sih emang iya mas yanto.

      Delete
  5. oh ya kebetulan juga ada dkenal beberapa hacker, mereka bekerja malah dalam bidang network security untuk keamanan jaringan komunikasi, seperti provider tertentu yang memang rentan untuk diretas hacker. kalau hakcer luar negeri mereka banyak yang bekerja pada situs porno, karena mereka lebih baik bayar mahal dari pada kehilangan pemasukan yang ribuan dolar perjamnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya ya mbah.. pemasukan mereka kan jauh lebih besar dari website daripada pengeluaran untuk membeli jasa hackers..

      Delete
  6. kalau di luar negri hackernya tidak terlalu sombong. kalau diindonesia kebanyakan baru bisa beberapa cara, udah ngaku-ngaku hacker.. Padahal masih kalah jauh. hacker pertama saja tidak mengakui kalau dirinya hacker, melainkan hanya security profesional .. salut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..betul mas.. padahal dia dalang nya ya mas...

      Delete
  7. hebat ya mereka bisa menjadi peretas..

    ReplyDelete
  8. Ada bermacam-macam warna rupanya ya.....Saya baru tau..
    walau pun ada yang berfungsi sebagai 'baik' tetapi perspektif tentang mereka selalunya 'jahat'...

    ReplyDelete
  9. banyak banget ya ternyata jenis2 hacker mas.dan tujuan mereka juga bermacam-macam.
    saya sebenernya ingin nih menjadi hacker tp sayangnya belum punya ilmunya

    ReplyDelete
  10. dari dulu aku tertarik sama mas mas hacker ini, sepertinya kejahatan yang elite, pinter, gaul dan berkesan gaya hehe.. hacker indo siapa ya yang terkenal..?

    ReplyDelete
  11. orang baik itu sangat susah,sekali liat duit mata jadi merah,jadi saya menyimpulkan semua hacker melakukan itu untuk mencari uang dan hal yang mereka lakukan semuanya demi uang bukan kebaikan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. sebagian besar sih emang kek gitu mas...

      Delete
  12. saya setuju kalau untuk memperbanyak wawasan dan bukan untuk merusak,hanya untuk memastikan bahwa system yang dibangun oleh provider itu aman atau tidak,tapi kalau demi uang,hehee terkadang uang diatas segalanya ketika ada kebutuhan yang sangat mendesak maka berbagai cara akan dilakukan

    ReplyDelete
  13. hadir mas,

    makasih mas infonya sangat bermanfaat newbie seperti saya


    maaf mas baru hadir... lagi sibuk di dunia real

    ReplyDelete
  14. Apa pun tujuannya, jadi hacker terlihat keren sih buat saya. Haha..

    ReplyDelete
  15. Dengan adanya hacker memberikan warna-warni di dunia maya mas. bayangin aja , hacker pada rame-rame serang situs israel sebagai ajang protes mereka. Kalau kita sebagai blogger, kebayang gak bagaimana untuk meretas blog. otak atik template blog aja udah bingung. hehe. nice share mas wicky. hacker paling hebat utk saat ini blognya wikileaks, semua informasi rahasia di sadap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas..masih ggak jauh dari nama saya..ehehe

      Delete
  16. .Wah baru tau nih kalau masih banyak 'other "Hat Hackers"'
    .Tapi memang kalau mendapat sebutan Hacker, itu terbilang keren bagi ane. hehe.
    .Hanya saja masih dilakukan dengan hal yang bertujuan tidak baik atau merugikan pihak lain.
    .Nice share gan. :)

    ReplyDelete
  17. Nambah Ilmu lagi nih...

    Sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete