Cerita dibalik Lobang Jepang di Bukit Tinggi

Cerita dibalik Lobang Jepang di Bukit Tinggi | Wiki Pebrianto | Lobang jepang yang ada di Bukit Tinggi,Sumatera barat adalah salah satu obyek wisata yang sangat bersejarah untuk Indonoesia.Dimana lobang jepang merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun pasukan tentara Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.Sebelumnya,Lobang jepang yang mempunyai panjang mencapai 1400 meter yang berkelok-kelok dan memiliki lebar sekitar 2 meter ini dibangun untuk tempat menyimpan perbekalan dan peralatan perang tentara Jepang.Terowongan ini memiliki beberapa ruangan,yaitu ruangan pengintaian,penyergapan,penjara dan gudang senjata.
Cerita dibalik Lobang Jepang di Bukit Tinggi
Salah satu pintu utama (Dokumenter saya 2012)

 
Diperkirakan,puluhan bahkan ratusan ribu tenaga kerja paksa didatangkan dari jawa,sulawesi dan kalimantan dikerahkan untuk menggali terowongan ini.Pemilihan tenaga kerja dari luar daerah ini merupakan strategi kolonial jepang untuk menjaga kerahasiaan mega-proyek ini.Sedangkan tenaga kerja dari Bukit tinggi sendIri dikerahkan untuk membangun terowongan pertahanan yang ada di Bandung dan Pulau Biak.

132 Anak tangga ini akan membawa kita pada ke kedalaman 40 meter.Goa atau terowongan ini dibangun selama 2 tahun.Tidak ada berita yang pasti atas berapa banyak romusha yang dipaksa menggali terowongan ini.Namun,saat ditelusuri pada tahun 1946 silam,banyak sekali tulang belulang yang berserakan di sepanjang lorong terowongan ini.

Cerita dibalik Lobang Jepang di Bukit Tinggi

Bahkan disalah satu lorong terowongan yang berhadapan langsung dengan Ngarai Sianok,terdapat dapur dengan sebuah lobang yang konon fungsi lobang tersebut adalah tempat pembuangan romusha yang meninggal,dan mayatnya tersebut langsung jatuh ke jurang Ngarai Sianok,dan hanyut dibawa arus sungai yang deras.Menyedihkan sekali.

Cerita dibalik Lobang Jepang di Bukit Tinggi
Lobang Pembuangan mayat (Dokumenter saya 2012)
Terowongan Lobang jepang sendiri memiliki 3 pintu besar sebagai pintu utama dari luar dan 6 pintu kecil.Sekarang,Lobang jepang ini menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Ranah Minang,sebagai salah satu gambaran betapa kejamnya kolonialisme Jepang saat menguasai Indonesia tercintadi masa silam.

Itulah sedikit sejarah singkat tentang Lobang jepang yang ada di Kota Bukit Tinggi,Sumatera Barat,Indonesia. Terima kasih sudah menyimak.

29 comments:

  1. Wow menarik banget kedalaman 40 meter...kayaknya serem juga tempatnya...bisa jadi tempat uji nyali tuh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas,, dulu pernah kok acara "[masih] dunia lain" diadakan disini.

      Delete
  2. Saya kok ngeri liatnya. Apalagi masuk ke dalam. Serem abiss

    ReplyDelete
  3. serem juga guanya, di tempat saya juga ada gua jepang, demen banget mereka bikin lobang

    ReplyDelete
  4. gak kebayang deh mas, bisa sempat sempatnya menghitung 132 Anak tangga di gua tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan tangganya turun mas.. kalo jalan keluarnya dari pintu lain juga bisa..ehe

      Delete
  5. wah seru dan cocok banget kayaknya tuh buat menguji adrenalin hehee...

    ReplyDelete
  6. serem banget saya lihatnya kang, apalagi tempat pembuangan mayat gtu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas.. apalagi mas liat ujung lobangnya itu di Ngarai sianok...

      Delete
  7. Kebayang gimana menderitanya orang-orang jama dulu. sekarang jaman serba gampang seharusnya kita menjadi sosok yang lebih baik bagi negara dan bagi mereka para pejuang kemerdekaan yang muda yang berkarya tetap jaga keutuhan dan kemajuan NKRI dengan karya karya yang mendunia. kita pasti bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mass,, kita seharusnya juga bisa untuk menghormati dan menghargai perjuangan nenek moyang kita..

      Delete
  8. Kalau kedalaman segitu si biasanya udah lebih banyak magis nya, masuk disitu harus rame2 ya gan...hebat sih bangunan jaman dulu...kokoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,, tapi kenyataan pahit ini tak terlupakan..

      Delete
  9. jepang ini kayanya terinspirasi lagu rhoma irama, gali lobang tutup lobang :3

    ReplyDelete
  10. ngeliat gambarnya saja ngeri mas, apalagi masuk kedalam terowongan itu, pasti banyak mashluk halusnya tuch.. cari aman aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata orang kalau penampakan dan jeritan sih emang sering..

      Delete
  11. edunn ngeri banget itu kejam banget ternyata mayat pekerja romusa yang mati dibuang langsung ke ngarai :3

    ReplyDelete
  12. kelihatannya serem gan terowongannya. nice share

    http://blogfast-elegan.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. namanya lobang biasanya nikmat dan atau bisa untuk berteduh..ini mah serem ih

    ReplyDelete
  14. menarik sekali.
    saya pernah masuk goa jepang di bandung, gelap banget. ini kok terang dan diberi lampu ya, jadi kelihatan lebih hangat dan nyaman.

    ReplyDelete
  15. serem banget gan di lihat dari luar juga apalagi kalau ke dalam , benar2 memang kejam sekali ya gan penjajah jepang di masa lalu ..

    ReplyDelete