Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!


Assalamu`alaikum Wr.Wb...   (^_^)

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!! | Kembali lagi bersama saya di Secuil Coretan si-Anak Pelosok.. :),Kali ini saya akan menceritakan sesuatu untuk menyambung Secuil Cerita Kemaren yaitu Tentang Pentingkah Membalas Setiap Komentar di Blog Kita ?
Dan pada kesempatan ini saya akan share Secuil Cerita tentang Tempat Wisata di Sumatera Barat. Langsung saja kita simak Secuil Cerita dibawah ini !!! Semoga para pembaca yang budiman tidak bosan.. :)

1. Jam Gadang di Kota Bukit Tinggi.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

 Jam gadang adalah icon dari kota Bukit tinggi.Dimana Jam Gadang ini adalah salah satu peninggalan Belanda.Dengan luas 14 x 3 meter dan tinggi 26 meter dan terdiri dari beberapa tingkat.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Pada jam gadang ini sangat benyak sekali diadakan festival nasional maupun internasional.Jam ini digerakkan mekanik oleh dua buah mesin yang hanya dibuat dua unit.Yang pertama yaitu Jam Gadang dan satunya lagi untuk Big Ben di London,Inggris.Dibagian Lonceng jam tertera nama pabrik pembuat jam yaitu Vortmann Relinghausen,yang artinya jam tersebut dibuat di Jerman tahun 1892.

2. Danau Singkarak.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Untuk wisata air di Sumatera barat,yang pertama saya akan memperkenalkan Danau Singkarak.Danau Singkarak adalah danau yang membentang di dua kabupaten.Yaitu kabupaten Solok dan Tanah Datar.Danau ini memiliki luas 107,8 km dan merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera.Danau ini merupakan hulu batang Ombilin.Namun sebagian air ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat kota Lubuk Alung,Kabupaten Padang Pariaman.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Dasar danau ini begitu dalam.Kenapa ? Para ahli geologi menduga danau yang berada di cekungan singkarak-solok ini terjadi akibat amblesnya lapisan kerak bumi sibawah sesar sumatera.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

3. Danau Maninjau

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Danau Maninjau adalah sebuah danau yang terletak di Tanjung Raya,Kabupaten Agam,Sumatera Barat.Danau ini terletak sekitar 140 kilometer disebelah utara kota Padang, 36 kilometer dari Bukittinggi,dan 27 kilometer dari Lubuk Basung,Ibukota kabupaten Agam.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Danau Vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter diatas permukaan laut.Luas danau Maninjau sekitar 99,5 kilometer dan memiliki kedalaman sekitar 495 meter.Cekungannya terbentuk akibat letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini bisa dilihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai dinding.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Kalau kita melihat danau ini dari atas pouncak kelok 44,pada saat sore hari cuaca tidak terlalu mendung,kita akan menyaksikan peristiwa yang sangat indah.Air danau maninjau akan terlihat seperti naik ke langit melewati celah caaya yang tembus.

4. Pantai Aie Manih (Air Manis)

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Pantai Air Manis sangat populer dikalangan Domestik maupun Dunia karena ceritanya yang sangat melegenda yaitu "Malin Kundang".Dimana berkisah tentang seorang anak yang durhaka terhadap ibunya,dan akhirna dia pun dikutuk menjadi batu oleh yang maha kuasa atas tindakannya sendiri.Sampai sekarang,kita masih bisa melihat batu malin kundang beserta kapalnya di pantai ini meskipun bentuknya agak kurang jelas karena dimakan usia.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Pantai Air Manis berada di kecamatan Padang Selatan Kira-kira 10 kilometer disebelah selatan kota Padang atau disebalik gunung Padang.
Pantai Aie Manih terkenal luas dan landai, ketika pasang surut, wisatawan dapat mencapai Pulau Pisang Ketek (kecil) yang letaknya kurang lebih 200 m di depannya dengan berjalan kaki saat pasang surut. - See more at: http://h4nk.blogspot.com/2013/10/20-objek-wisata-sumatera-barat-yang_12.html#sthash.hi6KApJR.dpuf

5. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai adalah sebuah objek wisata yang terletak di kepulauan Mentawai,Sumatera Barat dengan luas wilayah sekitar 40 hektar.Keindahan pulau ini memadukan antara keindahan laut dengan segala isinya,pulau dan hutan yang masih terjaga kelestariannya.Laut di pulau Sikuai memiliki ombak yang cukup tenang sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas pantai seperti snockerling untuk menyaksikan keindahan bawah laut nya.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!
Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

6. Lobang Jepang

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Lobang Jepang ini merupakan bangunan peninggalan Belanda berupa gua bawah tanah yang digunakan bangsa Jepang untuk tempat pertahanan serdadu mereka.Lobang jepang ini didirikan pada tahun 1942-1945.Pada masa penjajahan Jepang,Lobang ini dibuat melalui Romusha atau Kerja Paksa.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Lobang Jepang ini memiliki luas sekitar 2 hektar.Didalamnya kita akan dituntun menuruni tangga yang panjang dan curam.Lorong-lorong didalamnya diberi tempat sesuai kebutuhannya masing-masing.Dan untuk menjaga kelestariannya,setiap lorong diberi CCTV.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Berwisata dan menelusuri misterinya lobang jepang memang memberi pengalaman sejarah yang amat bermanfaat sekali bagi kita.Tunggu Apa Lagii ??

7. Lembah Harau

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!
Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Lembah Harau ini terletak didekat kota Payakumbuh.Dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas dan terjal dengan ketinggian lebih kurang 150 meter.Beberapa keindahan alam yang dapat kita jumpai disini adalah Jurang / celah alam,air terjun,gua,tebing dan jurang.Selain itu juga terdapat cagar alam dan suaka margasatwa yang terdapat beberapa hewan lindung seperti monyet ekor panjang,harimau sumatera,beruang,tapir,landak,burung kuau,dan lain-lain.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Yng paling uniknya,jika kita berteriak di daerah ini maka akan menghasilkan gema sebanyak 7 kali.Konon kabarnya,tempat yang dapat menghasilkan gema sempurna hanya satu di dunia,yaitu di Lembah Echo.Dan di Lembah Arau inilah mungkin yang ke-2.

8. Jembatan Siti Nurbaya


Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Padang namun tidak singgah di Jembatan penuh legenda yang mendunia ini,Jembatan Siti Nurbaya.Jembatan ini mempunyai panjang sekitar 60 meter dan sekaligus penghubung kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya (Tempat makam Siti Nurbaya).Jembatan ini akan sangat terlihat indah dan cetar membahana saat menjelang senja.Pijar Mercury,angin pantai sepoi-sepoi,dan lampu jembatan juga lampu kapal yang mulai dinyalakan tentunya akan menambah keromantisan suasana.Tidak heran jika banyak sekali anak-anak muda dan keluarga yang berkunjung ke jembatan ini menyantap menu yang disajikan seperti Roti bakar,pisang bakar dan jagung bakar.

Screenshoot Jembatan Siti Nurbaya dimalam Hari :

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

9. Kepulauan Mentawai

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Kepulauan Mentawai adalah kepulauan yang terletak di kabupaten Mentawai Provinsi Sumatera Barat.Lokasi pulau nya juga terletak di lepas pantai Padang dan diapit oleh Samudera Hindia yang luas.Ombak yang bagus sangat cocok digunakan untuk berselancar.Terdapat kurang lebih 400 titikSurfing berada di kepulauan Mentawai,mulai dari ombak yang sedang hingga ombak yang sangat menantang yang pastinya diburu oleh seluruh peselancar dunia.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Untuk akses menuju mentawai disediakan kapal motor yang melayani penyeberangan dari Padang ke Mentawai.Atau bisa juga dengan Menyewa Pesaswat kecil Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora dari Bandara Internasional Minangkabau.

10. Puncak Langkisau

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Wisata Puncak Bukit Langkisau yang terletak di Kota Painan yang mempunyai ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut yang pastinya akan mengundang decak kagum bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Memang tidak bisa dipungkiri kalau kawasan puncak bukit langkisau digunakan masyarakat dunia untuk olahraga adrenalin terbang layang yang akan mendarat di bibir pantai Salido kecamatan IV Jurai.

 10. Puncak Lawang

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Tidak tanggung-tanggung potensi wisata yang dimiliki oleh daerah diujung perbukitan ini.Dari ketinggian,menyajikan keindahan hijaunya hutan dan perbukitan,serta birunya air danau Maninjau.Selain itu udara yang sangat sejuk tak kalah dari wisata alam didaerah lainnya di Indonesia.

Berkunjung ke Ranah Minang ? Jangan Lupa Kunjungi Tempat ini !!!

Dari puncak bukit lawang terdapat dua tempat strategis dimana kita bisa menyaksikan pemandangan danau Maninjau dan penduduk di sepinggiran danau.Tepian danau secara keseluruhan akan menghipnotis mata para pengunjungnya karena indahnya danau Maninjau.Di daerah itu juga dibentuk sebuah forum pemuda dan pemudi bernama Agro Wisata Nagari Madani dan mendirikan sebuah wisata Lawang Adventure Park.




Vortmann Relinghausen, yang artinya jam tersebut dibuat di Jerman dan diproduksi pada tahun 1892. - See more at: http://h4nk.blogspot.com/2013/10/20-objek-wisata-sumatera-barat-yang_12.html#sthash.rRoq8V57.dpuf
Vortmann Relinghausen, yang artinya jam tersebut dibuat di Jerman dan diproduksi pada tahun 1892. - See more at: http://h4nk.blogspot.com/2013/10/20-objek-wisata-sumatera-barat-yang_12.html#sthash.rRoq8V57.dpuf

82 comments:

  1. Indah nian ya mas Sumatra Barat. air terjun Lembah harau yang pernah saya kunjungi. jadi pengen kesana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jugapengen mas,,terakhirkesana kelas 3 smp..

      Delete
  2. Mas orang padang ya, nanti kalo ke padang tak hubungi mas ya sebagai travel guide saya. hehe salam mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian jadi kuliner guide dan pembayarannya ya ky. bisa kan? heee

      Delete
  3. Pantainya cantik sekali.
    Saya belum pernah lagi ke sana..
    Kalau Indonesia..saya saya hanya pernah sampai ke Jakarta dan Bandung....
    Moga dapat pergi ke tempat yang lain-lain juga ya...

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak nyesel deh mbak kalo ke sumbar..hehe

      salam kenal juga..

      Delete
  4. pernah kepadang tapi gak jalan-jalan kemana-mana. cuma di kota padangnya aja dulu. kata orang padang harau makananya enak dan di sana pemandangan perbukitan dan gunungnya indah. selanjutnya sikuai juga pantainya menakjubkan. terakhir jam gadang kali yaa...yang katanya wajib dikunjungi. tapi ngenes gak bisa kesana kemari, pas tugas kantor dan kehabisan dana untuk jalan-jalan. hihihiiiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,
      kapan-kapan kan masih bisa Mbah sama keluarga atau sama kerabat..pokoknya gak nyesel deh..dijamin...hehehe

      Delete
  5. Kalo saya yang belum sempat adalah ke kepulauan Mentawai mas...Memang bumi ranah minang termasuk sasaran objek wisata yang tak kalah menariknya, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,, saya sih pernah,,cuman gak lama,,jadi gak sempat berwisata lebih asyik..

      Delete
  6. makasih atas info2 tempat wisata didaerah sumbar mas.
    tp kapan ya kesana?
    seumur2 saya menginjakkan kaki kepulau andalas cuman sekali itupun cuman dilampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas..

      kan masih banyak waktu.. gakbakalan nyesel deh pokok e mas

      Delete
    2. iya mas,lain kali kalau punya kesempatan pengen juga ke daerah sumatra

      Delete
  7. ettt dahh indah banget pemandangannya kang,, pngen rasanya kalau ada rezeki menginjakan kaki ke sana, tpi kapan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar aja mas,, saya doa`in biar cepat kesampean..

      Delete
  8. ih asli sumpah kereen nih tempat-tempatnya,

    ReplyDelete
  9. wah indah banget ya mas, apa lagi kalo ada Lombok lagi hehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pulau Nusakambangan juga nggak kalah indah lho

      Delete
    2. mas ojik,kapan-kapan saya ke lombok deh mas..hehe

      Delete
    3. mas zach,kayaknya asyik tuh mas ke pulau Nusakambangan...hehehehe

      Delete
  10. Uniknya jam gadang itu ada angka IIII, bukan IV.
    ini yang bikin seru kalo kesana.
    bisa bikin terngiang ingat terus buat anak2

    ReplyDelete
  11. Kalau ke Sumatera Barat gak ke bukittinggi itu rasanya ada yang kurang. Karena di kota bukittinggi banyak sekali objek wisata yang disebutin di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulmas,, yang diatas saya sebutin baru sebagian kecil nya mas...

      Delete
  12. Subhanallah. Indah sekali. Saya sudah book mark alamat artikel ini. Saya akan search di Internet. Referensi bagus jika saya ada kesempatan berkunjung ke Ranah Minang suatu hari nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas.. semoga saja bisa sempat ke tanah saya ini..hehehe

      Delete
  13. Wahh busettt tempat wisatanya men keren keren jadi kpengen langsung main kesana nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera deh mas,, nanti keburu habis...hehehe

      Delete
  14. luar biasa cantik pemandangannya. pastinya para wisatawan yg berkunjung puas menikmati keindahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,, nantinya pasti ketagihan deh mas..hehe

      Delete
  15. paling penasaran itu lembah harau, aku belum pernah ketemu sama lembah lembah hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru ketemu lembah duka aja kali mbk Santika. hahaa

      Delete
    2. hehehe,, mbak santika pasti gak nyesel ngunjungin lembah ini deh..

      Delete
  16. wah dilihat dari foto-fotonya sepertinya sangat menyenangkan kalau berlibur kesana,terutama Danaunya ituloh yang bikin hati penasaran,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,,danau-danau nya memang indah dan menawan..

      Delete
  17. wah bener-bener indah pemandangannya mas. kapan saya bisa mengunjungi semua tempat-tempat ini? hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja bisa cepat kesampean deh mas..hehe

      Delete
  18. Kenapa disebut Jam gadang ? karena Jam nya memang benar benar besar ya Mas :D
    Walah, saya malah belum pernah berkunjung ke sana Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang besar mas,, bayangin punya jam segede gitu dirumah..hehehe

      Delete
    2. wah gimana nih masak orang jambi malah belum pernah keranah minang nih mas.
      padahal rencananya saya ingin dianter mas arie loh

      Delete
    3. @arie gond3s: kalau begitu sama. kayaknya yang nulis ni artikel paling tau sekitaran padang dan patut dijadikan travel guide kalau kita kesana. semoga aja bisa ke padang ya gan.

      Delete
    4. ternyata mas Arie orang jambi ??

      Delete
    5. saya siap jadi travel`s guider nya...hehehe

      Delete
  19. maaf oot gan, struktur h2 anda kayaknya bermasalah. coba cek diatas adress bar.

    ReplyDelete
  20. semua destinasinya blom pernah saya kunjungi, menarik semua mas
    baru bisa menikmati wisata ranah minang disini :)

    ReplyDelete
  21. gila keren banget itu pemandangan apalagi yang lembah hirau apa itu namanya, kalo aja deket udah kesana :(

    ReplyDelete
  22. Wisata di ranah minang di sumatera barat banyak sekali ya mas, jadi bingung, kalau mau wisata kesana.. paling terkenal jam gadang, peninggalan sejarah yang mengesankan sekali... Artikelnya bagus banget buat mempromosikan sumatera barat ke mata dunia,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. trima kasih mas...hehe

      salam dari kota padang ya mas... :)

      Delete
  23. wah mantap kalau sumatra barat itu lah kalabiahan nyo mah

    ReplyDelete
  24. wah ternyata banyak juga ya mas wisata keren di padang, yang saya tahu cuman jam gadang sebagai iconya, hehe nice share sekarang jadi tahu saya :) btw spartack ya mas? salam kenal dari boromania, hehe

    mampir ya diblogq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas...

      salam balik sama boromania mas...

      Delete
  25. Kepulauan Mentawai itu yang indah sekali mas, mau deh kesana kalau biayanya cukup :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kesitu yang belum kesampean pak...

      Delete
  26. Subhanallah, ini baru yang sudah terekpos, aku yakin di Ranah Minang masih banyak wisata awalm yang belum terekspos. Semoga bisa menarik wisatawan :-)

    ReplyDelete
  27. keren, seger-seger, bersih-bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga luarbiasa indahnya. gak kalah sama yang saya upload. Indonesia memang kaya :)

      Delete
  28. LS Rent Car & Tour Organizer Bukittinggi

    Mobil+Supir+BBM+Parkir :
    * Toyota Avanza. : Rp.650.000/12 jam
    * Daihatsu Luxio : Rp.650.000/12 jam
    * Honda Brio. : Rp.700.000/12 jam
    * Toyota Innova. : Rp.800.000/12 jam
    * Nisan Xtrail. : Rp.800.000/12 jam
    * Pregio 10 st. : Rp.1.170.000/10 jam
    * ELF 14 seat. : Rp.1.270.000/10 jam

    Lepas Kunci / 24 jam :
    * Avanza. : Rp.250.000
    * Grand avanza : Rp.300.000
    * Daihatsu Luxio : Rp.300.000
    * Honda Brio. : Rp.350.000
    * Nisan Xtrail. : Rp.450.000 (matic)

    ANTAR / JEMPUT BANDARA ( Tujuan : Padang panjang / Bukittinggi ) :
    Jam 06.00-19.00 : Rp.400.000

    INFO :
    Call. : +6281261179179
    WhatsApp : +6285669011423
    PIN BBM. : 25CFAEB8
    EMAIL. : ls.rentcar@yahoo.com

    "Syarat & ketentuan berlaku"

    ReplyDelete
  29. wihh tempat2 yang sangat indah gan ,.

    ReplyDelete